“Team Order” : Sesuatu yang Tabu? … Yamaha Siap Melakukannya demi Lorenzo

Kalau dalam pertandingan sepak bola ada istilah main sabun, artinya salah satu tim mengalah demi melicinkan lawannya agar lolos ke babak selanjutnya. Biasanya sang lawan bermain sandiwara alias pura-pura, padahal kalau mainnya sungguhan (tidak mengalah) bisa saja kesebelasan lawan tersebut menang. Di balik permainan sabun itu biasanya ada hal lain yang ikut maeen, kalau bukan demi strategy tertentu ya demi duit laah. (cmiiw) …..[gak kebayang yah, berapa sabun yang habis, lapangan jadi becek dan licin berbusa donk … xixixi] :mrgreen:

Apakah di dalam balapan ada istilah maen sabun? Dalam balapan dikenal istilah team order? Hakikatnya sama yaitu untuk melicinkan … Namun bedanya ini terjadi antara pembalap dalam satu team, sedangkan sepak bola itu kan beda team. Artinya salah satu pembalap yang tergabung dalam satu team yang secara matematis tidak berpeluang untuk menjadi juara dunia – harus mengalah – demi teman satu teamnya yang secara matematis berpeluang jadi juara dunia. (cmiiw)

Naagh, berita teranyar mengabarkan bahwa Team Yamaha siap melakukan team order demi Lorenzo. Artinya dalam situasi di mana Lorenzo dan Ben Spies fight, Ben Spies harus mengalah dan merelakan Lorenzo melenggang di depannya, karena secara matematis Lorenzo berpeluang mengalahkan Stoner ketimbang Ben Spies, walaupun bisa sajah dalam fight tersebut Ben Spies bisa mengalahkan Lorenzo. (cmiiw)

Istilah team order sebenarnya merupakan istilah yang populer di balapan F1, namun menuai kontroversi dan akhirnya dilarang. Namun baru-baru ini larangan tersebut telah dicabut, dan hal ini mendapat respon yang positif dari Lin Jarvis (Bos Yamaha) :

“Baru-baru ini kami telah melihat situasi di Formula Satu, di mana mereka telah membatalkan larangan team order, yang secara pribadi saya setuju. Menurut pendapat saya, setiap tim seharusnya memiliki hak untuk memutuskan strategi yang cocok, dan saya tidak berpikir itu menjadi wewenang publik untuk memutuskan strategi apa yang dilakukan sebuah pabrik dan tim.” (otomotifKompas.com)

Hmmm …. memang melakukan team order ini merupakan keputusan yang dilematis, secara strategy team – memang harus dilakukan, tapi secara individu pembalap tentu ini merupakan sesuatu yang sulit diterima …. Pun demikian, secara publik akan menuai kontroversi sebab balapan tidak murni (dimanipulasi) dan tentunya tidak akan seruuu. Bagi yang nongton secara berbayar tentu akan merugikan, bagemana dengan yang nongton secara gratisss? Ya tetep rugilah, di antaranya rugi waktu. Buktinya ketika sedang nongton – kata pembawa acaranya, “jangan ke mana-mana, setelah pesan-pesan berikut kami akan kembali”… :mrgreen:

OK, Naagh bagemana dengan pendapat akang-akang, mas-mas, bro semua tentang team order ini, setujukah ? Lalu kira-kira apakah Ben Spies akan menerima keputusan ini ? … Silakan share komengtar bro-bro semua, semoga bermangpaat …. :mrgreen:

“Aku maen sabun boleh gak?” :mrgreen:

33 responses to ““Team Order” : Sesuatu yang Tabu? … Yamaha Siap Melakukannya demi Lorenzo

  1. team order boleh, apalagi dapat orderan🙂

  2. dari sisi boleh memang boleh dan ini adalah strategi team, tapi dari sisi fight to fight ridernya jadi kurang seru.

  3. yamaho dah kehabisan akal buat ngalahin honda ma stoner

  4. Malu-maluin aja Yamaha….😀

  5. lorenzo, mw diapain jga kansnya udah tips, mw team order jga, kayaknya nggk ngaruh banget, secara pembalap yamaha yg paling depan cmn ben spies dan lorenzo.

    nitip yah om
    http://paddockninja.wordpress.com/2011/09/22/chassis-jepang…-italy-why-not/

  6. udah lumrah itu pak, bahkan bapak ane keluar dan jadi TRD (team racing development) alasannya karena disuruh jadi bayangan a.k.a no 2

  7. katanya semakin di depan??
    mosok pake manipulasi segala.
    kalah ya kalah….

  8. yamaha kayaknya mau menghalalkan cara buat menang tuh….xixixixi
    dahlah bertarung secara jantan aja jgn jd pecundang n pengecut tuh…liat aja team repsol honda biar gitu tetep fight demi poin…contoh tuh…

  9. woooo…
    M-E-M-A-L-U-K-A-N-N-N-N-N-N

  10. wakakakkaka kang u’Dien kecil lagi mandi !!!!!

  11. Team Order!!?? Why not??….

    yg penting tetep fair. dlm artian, tdk melakukan kecurangan pd tim lain…
    bayangin kalo Spies bkn bertugas menahan diri. tp malah bertugas menjegal Stoner biar ga Podium….. (nyang ini baru ga SAH…)

    Yamaha… LANJUTKAN!!.. (kok ga da FBY yg koment yak??….)

  12. lorenzoo suka nyabun ama benspies… emang bener yaMaho dong xixixi

  13. Kalo boleh order…, Lorenzo order stoner untuk ngalah aja ya????

  14. team order di F1, kayaknya dah biasacmiiw
    di MotoGP??

  15. Tunggu stoner disabunin ama lorinso

  16. Ane tidak menyalahkan, tapi faktanya adalah Team Order strategi putus asa dan tidak menjunjung tinggi sportivitas dan fairplay… Siapapun bisa melakukan itu dengan alasan mendukung, saat ini yamaha melakukannya, mungkin suatu saat nanti Tim lain juga mungkin saja bisa memakainya, sesuai sikon yg ada…

  17. Salam hangat kang udien

    justmyimage
    klo berita sudah tersebar sperti ini kacian hohe bila race nanti fight dgn spies padahal hohe skillnya bagus juga….wrong move ..

  18. untuk tahun depan semoga team ordernya diprioritaskan ke spies aja, soalnya saya suka mental orang amerika, motor jepang pembalap amrik, sesama mental penjajah negara lain tuh, gak seperti mental negara “anu” yang suka menjajah negara sendiri dengan cara korupsi anggaran.
    nyambung gak seh?😀

  19. klo disini FBY pake cara BC spy menang jualan
    klo di dunia balap pake cara TEAM ORDER spy menang balap

    BENER2 PAYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH
    BENER2 LICIK
    SALUT BUAT YAMAHMUD

  20. Ping-balik: Spies Menolak Mentah-mentah Rencana “Team Order” Yamaha | uDien d'kab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s