4 Alasan Kenapa YMKI Lebur dengan YIMM

Jelaslah sudah, setelah sebelumnya berkembang berita bahwa PT. YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) bubar dan melebur ke dalam PT. YIMM (PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing). Namun hari ini ada penjelasan resmi dari pihak yang bersangkutan. Selama ini yang menangani masalah produksi ditangani oleh YIMM mbaik proses produksi maupun perakitan, sedangkan soal pemasaran baik untuk domestik maupun eksport ditangani oleh YMKI.

Pemisahan tanggung jawab ini nampaknya tidak bagus untuk perkembangan Yamaha kedepannya, apalagi hampir selama 5 tahun terakhir Yamaha terus “melorot” setelah mendapat gempuran yang sporadis dari AHM. Berikut adalah 4 alasan kenapa YMKI dilebur ke dalam PT. YIMM, sebagaimana dilansir oleh otomotifnet.com :

  1. Yang pertama adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktifitas dan daya saing usaha yang lebih baik. Dengan adanya sinergi diharapkan tercipta hubungan yang baik dalam bidang produksi, pemasaran, sumber daya keuangan dan sumber daya manusia
  2. Yang kedua adalah untuk meningkatkan kinerja usaha.
  3. Ketiga untuk menciptakan iklim usaha yang sehat.
  4. Keempat adalah untuk mengoptimalkan peran dan fungsi manajemen di seluruh YAMAHA grup agar lebih efektif dan produktif.

Hmmm …. yo wesslah, semoga manuver ini membuahkan hasil yang optimal, mengingat persaingan ke depannya akan semakin ketat. Di samping serangan yang bertubi-tubi dari AHM, Suzuki  yang kini sedang serius berbenah merupakan ancaman tersendiri buat Yamaha, belum Kawasaki dan Bajaj yang semakin intensif melakukan penetrasi pasar dan diversifikasi produk, jika YMKI dan YIMM tidak dilebur, alamat “birokrasi” internal justru akan memperlambat akselerasi Yamaha Indonesia ….😀

16 responses to “4 Alasan Kenapa YMKI Lebur dengan YIMM

  1. Oh jadi begitu toh ya pak udin?

  2. absen kedua.. kenging teu ??:mrgreen:

  3. Semoga Dengan Meleburnya YMKI ke Dalam YIMM bisa Membawa angin segar bagi YAMAHA DI INDONESIA,
    dan Semoga NEW YZF R15 V2.0 Bisa Segera Dibawa Ke INDOANESIA,
    Aaamiiiinnnnnnn.

  4. sip,
    tinggal duduk sambil ngakak ngeliat perang berdarah2 ala YIMM vs AHM
    *nyeduh kopi😀 *

  5. Toyota aja dipisah TAM & TMMIN.
    Yamaha malah digabung. Piye kie?

  6. ^^^ Karena TAM sangat di pandang dan di akui kehebatannya oleh Toyota Corp Japan ….kualitas Astra levelnya terlalu tinggi di banding Kencana:mrgreen:

  7. Waladalah…lha kok malah menciut marketing sama technical di jadikan satu…ibarat dulu dua lantai sekarang tinggal satu lantai.bakal banyak pengurangan tuh…

    • buktinya dh byk bro, pak paulus yg hijrah ke suzuki, krn nglihat kisruh saham yg tak jelas, manager racingnya dikabarkan deket ke tvs, pencetus byson n mio lupa lg namanya js presdir bajaj indonesia, alamat pak eko jg akn didepak dr manager promosi, berhubung pola pikirnya pendek alias gk smart gk ada perusahaan yg nawarin pkrjaan kyk paulus, akibatnya mau gk mau turun pangkat, dan akn diisi org jepang lgsg….

  8. hmmm…emang harus belajar banyak dari Astra tuh Mister Dion. Untungnya Toyota Jepang masih berbaik mau beli saham Yamaha. hehehehehe….Tapi tetep aja strategi perang Honda lebih mumpuni.

  9. simpel aja yamaho udah bangkrut kehabisan modal!! :p

  10. sistem manunggal satu atam yamaha.. moga berhasil nelurin R15 disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s