Jika Viar jadi Anggota AISI : Kawasaki akan Terlihat Diasepin Viar … Bagaimana dengan Bajaj ?

Mang uDien gak tau, apa sich manfaatnya jika suatu ATPM atau pabrikan merek tertentu jadi anggota AISI. Hanya yang bersangkutan saja yang tau. Tapi kalau melihat dari sisi advertise, satu point akan diperoleh ATPM yang jadi anggota AISI. Betapa tidak bro, setiap membicarakan angka penjualan motor nasional, pasti data yang diambil adalah dari AISI. Dan tentunya hanya merek-merek yang jadi anggota AISI-lah yang disebut-sebut oleh media massa, baik cetak maupun elektronik. Bahkan Kanzen yang datanya jarang masuk sering disebut-sebut. :mrgreen:

Mari kita soroti Viar, pada semester 1 tahun 2011 Viar berhasil menjual 51.430 unit, berarti rata-rata per bulannya 8.572 unit. Angka ini masih di atas rata-rata penjualan Kawasaki (walaupun selisihnya tifiis). Tapi jika Viar jadi anggota AISI, selain merek Viar disebut-sebut, juga brand Viar jadi cukup bergengsi donk secara bisa mengalahkan Kawasaki… 😆

*** Tapi sayang, hingga november 2011 mang uDien belum nemu data penjualan Viar, kalau Kawasaki hingga November 2011 rata-rata penjualannya sebesar 8.131 unit. (cmiiw)

Bagaimana dengan Bajaj? Bajaj mengklaim berhasil menjual rata-rata 2.400 – 2.500 per bulan. Angka ini masih jauuh di bawah Kawasaki dan Viar, tapi kan juga jauuuh di atas TVS dan apalagi Kanzen. Coba kalau Bajaj jadi anggota AISI, selain nama-nya disebut-sebut jika ada pemberitaan penjualan motor nasional setiap bulan dan tahun, juga menunjukkan bahwa Bajaj lebih bergengsi dibanding TVS. :mrgreen:

Yooo, ini hanya pendapat awam-uDien, dan cuma dilihat dari satu sisi yaitu sisi advertise (bukan dari segi kualitasnya lho). Mungkin Viar dan Bajaj belum mood atau belum minat jadi anggota AISI dengan tentunya banyak pertimbangan. Atau mungkin bro ada yang tau alasannya ? …

Iklan

40 responses to “Jika Viar jadi Anggota AISI : Kawasaki akan Terlihat Diasepin Viar … Bagaimana dengan Bajaj ?

  1. Ijin ngga komen ah 😀

  2. apa ada “syarat2” tertentu biar bisa jadi anggota?

  3. Sepertinya harus punya pabrik di Indonesia. Bajaj masih impor dari India, viar ambil dari Cina.

  4. bukannya bajaj ga bisa jadi anggota AISI gara2 line up nya motor sport smua ya?? CMIIW

  5. oh- saya tahu ini jawabannya…

    nglirik eyang Edo*

  6. mungkin biar bisa juaL murah,,,motor2 anggota AISI mahal…
    Lihat aj hrga Bajaj & TVS

  7. Hanya bersangkutan yang tahu:D

  8. salah satu syarat jadi anggota aisi harus punya pabrik di indonesia,tapi motor anggota aisi kok mahal jadinya ya

  9. Viar bisa jadi anggota AISI karena ada pabrik perakitan, kalo Bajaj gak bisa karena gak punya pabrik.

    Segi untungnya mungkin memang demikian, tapi ada juga ruginya, karena setahu saya ada kewajiban untuk setor dana dari para anggota dan ada perwakilan perusahaan di kepengurusan AISI (berarti harus bayar orang juga)

  10. viar bs jual sebanyak itu krn punya produk untuk segmen bisnis..(yg motor dengan roda tiga pakai boks)

  11. @ black devil
    Justru krn punya pabrik di Ina jadi mahal, birokrasinya…
    Anggaran utk bayar gaji pegawai bisa kalah dgn anggaran utk birokrasi lho! Ini terjadi di beberapa industri, kalau motor mungkin ada yg lebih tahu?

  12. emang syarat jadi anggota aisi apa sih?

  13. umbul-umbul belambangan

    gimana dengan minerva mang udien?
    bukannya mimin juga bukan anggota aisi yah mang…
    cmiiw…

  14. biaya masuk anggota AISI nya mahal kali ya?
    kalau murah udah pasti semua pabrikan masuk jadi anggota

    keep brotherhood,

    salam,

  15. dulu mocin rider

    terbukti motor VIAR tangguh bro, saya sudah 2 tahun pake motor viar boleh dibilang bagus, selain spartpare nya mudah di subtitusi sama H*nda bensinya terkenal irit. tp saran saya buat VIAR jangan niru model body motor jepang yg sudah ada diindonesia, kalau sparepart dalaman boleh krn itu memudahkan komsumen mensibtitusi / beli part di pinggir jalan / dealer” mopang. bravo VIAR thank selama ini kau sudah menemani aku.

  16. mngkin belum memenuhi syarat jadi anggota aisi.. mikir dagang yg ada dlu

  17. sparepart motor china bikin untung honda makanya honda diam2aja merk cina bnyk nyontek honda model bodi nya.lain hal nya dng yamaha yg selalu risih tampang nya ditiru mocin tp sparepart mesin honda,hehe…berarti mesin honda merk yg bagus begitu juga suzuki hal pengapianya dll bs cocok dng mocin.juga katanya sih yamaha merk motor diatas merk china tp yamaha sok nya gak ketulungan padahal yamaha motor satu2nya yg bisa ngos-ngosan bl sdh kelelahan mesin nya bila di geber jalan jauh.
    .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s