Siapa Pelopor Motor Injeksi di Indonesia ?

Perkembangan sepeda motor sistem injeksi di Indonesia mencuat pada 2005 ketika PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Supra X125 PGM-FI. konsumsi bahan bakar minyak (BBM) motor itu disebut-sebut 6% lebih hemat dibanding model Supra X125 karburator.

Setelah AHM, giliran PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) motor sport Vixion 150 cc pada 2007. Suzuki tak mau ketinggalan dengan Shogun 125 Hyper Injection pada 2008. pada tahun yang sama, Kawasaki meluncurkan KLX 250, dan terakhir TVS masuk dengan Apache RTR 160 cc pada 2009. kelima agen tunggal pemegang merek (ATPM) tersebut adalah anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi). Di luar anggota Aisi, sepeda motor injeksi lainnya adalah Bajaj Pulsar 220 DTS-Fi. (edo rusyanto) ____________

Oke, bro, dua penggal paragraf di atas mang uDien kutip dari tritnya mbah edo yang dirilis pada 30 JULI 2010. Di samping motor-motor di atas, motor-motor berteknologi injeksi selanjutnya nongol seperti RevoAT, PCX, CBR 250 dan 150 cc. (ada yang lainnya?)

Kalau melihat data di atas, kita akan sepakat bahwa pelopor Motor Injeksi di Indonesia adalah Honda/AHM dengan SupraX PGM FI-nya. Barulah motor-motor injeksi selanjutnya adalah pelopor bagi pabrikannya masing-masing. Namun motor-motor injeksi ini kurang moncer dalam penjualan, artinya kurang bisa diterima oleh masyarakat dibanding dengan motor karburator. Mungkin ada dua sebab, pertama bisa jadi karena masih  asing dengan Injeksi, yang kedua dan inilah penyebab utamanya adalah karena harganya yang lebih mahal. (cmiiw)

Namun khusus untuk V-Ixion, motor batangan injeksi ini justru moncer dalam penjualan, bahkan mampu menggulingkan megapro yang masih karbu. Hingga saat ini  si gian killer masih bertahta sebagai raja motorsport. So, kalau mau ditanya siapa pendongkrak motor injeksi? V-Ixion layak disebut sebagai jawabannya. (IMHO)

Naagh, memasuki tahun 2013, mau tak mau motor-motor baru yang akan dibrojolin harus menganut aliran injeksi (cmiiw). Tahun 2013 boleh dikatakan sebagai eranya motor injeksi, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Honda bahwa tahun 2012 Honda akan menginjeksikan 50% motor-motor barunya dan tahun 2013 akan menginjeksi 100 % motor-motor barunya. Memasuki era injeksi tersebut perang mindset akan menentukan penjualan sepeda motor ke depannya. Honda akan mengklaim dirinya sebagai pelopor motor injeksi sedangkan Yamaha akan mengklaim dirinya sebagai pendongkrak motor injeksi (imho). Bagemana dengan pabrikan yang lain?

21 responses to “Siapa Pelopor Motor Injeksi di Indonesia ?

  1. eranya injeksi..selamat datang di masa depan…
    Asololeeey…:mrgreen:

  2. Printer aja dah dari jaman baheula injeksi tintanya..
    hemat….xixixixi

  3. Bajaj Pulsar series tanpa injeksi dah bisa EURO3 lho!!!

  4. Injeksi Honda itu ibarat maticnya Jetmatic Kymco atau Vespa Corsa. First mover tapi gak laku. Karena gak bisa ngejualnya (asal lempar barang ke pasar, tapi konsumen gak diedukasi). Di tangan Y, matic dan injeksi malah moncer. Knapa? Segmentasi pasar yang tepat, konsumen yang diedukasi dan strategi pemasaran yang smart.

  5. yamaha cuma bisa niru2 doank.
    payah…!!

  6. klo seandainya ada vixion karbu seharga 20 jt dan vixion injeksi seharga 21 jt kira2 mana yg lebih laku ya?
    ane yakin klo seumpama ada vixion karbu pasti akan lebih laris.
    vixion yg injeksi laku karena gak ada pilihan lain.
    beda dgn supra dan shogun karena masih ada pilihan karbu dgn harga yg lebih murah.

  7. setuju sama kang wendakalubis:mrgreen:

  8. Emang. Langkah Honda bener2 berani waktu itu
    hm. Mungkin selaen harga, pola pikir konsumen juga jadi salah satu penyebab, guremnya pasar bebek injeksi. Dibenak knsumen, sistem injeksi tuh kalo rusak mahal, ribet, ga mau dikasi sembarang bensin, ga sembarang bengkel bisa (perawatan susah)..
    Disini nih.peran atpm mengedukasi konsumen, kalo injeksi justru mempermudah perawatan, lbh irit dan go green, dan value2 laen

  9. apache gak injeksi bro, udah dicek di webnya

  10. Dipelopori oleh honda, dipopulerkan oleh yamaha.
    Cocok sekali ya mreka kalo “kerjasama” hehehe

  11. Saya suke injeksi bini..heuheu

  12. kalo shogun fi kapan ya om??soalnya ada yg bilang itu pertama

  13. Bachtiar hamzah

    Salah, motor injeksi pertama adalah Honda CX-500 th 1989 motor itu menggunakan injeksi dua silinder. Tapi sayang motor itu sulit pperawatanya di zamanya jadinya jarang ada yang beli.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s