Bakar Sate Daging Qurban Sambil Nonton Motogp … Maknyus

Gema takbir kembali mengusik nurani kita, bahwa tidak ada daya dan kekuatan kecuali apa yang diberikan oleh-Nya. Kita sebagai manusia menyadari bahwa sesungguhnya kita ini kecil dan tidak ada artinya di hadapan Alloh SWT. Namun demikian, kita akan menjadi sesuatu yang berarti jika taqwa kepada-Nya. Untuk menuju ketakwaan tidak ada jalan lain selain mesti berkorban. Apa yang dikorbankan? Adalah perasaan nafsu yang selalu mendorong kita untuk berbuat dosa dan menghambat kita untuk berbuat kebajikan.

Hikmah qurban di antaranya adalah sebagai wujud dari pengorbanan nafsu kita yang tamak. Jika tidak ada kesabaran walaupun Alloh SWT memberikan kemampuan untuk berqurban niscaya nafsu kita akan mencegah untuk melaksanakannya. Padahal mungkin harta berupa hewan ternak yang dikurbankan itu tidak seberapa dengan kenikmatan yang telah dinikmatinya. Oleh karena itu selain sabar melawan hawa nafsu juga harus disertai rasa syukur, bahwa kita berqurkan itu sebagai bentuk syukur atas segala nikmat-Nya.

Agar rasa syukur dan sabar ini senantiasa menyertai ibadah kita, maka perlu dibarengi dengan ilmu dan dzikir. Insya Alloh kalau sabar, syukur disertai ilmu dan dzikir maka akan melahirkan keihkhlasan. Tidak ada kenikmatan yang tertinggi selain keikhlasan kepada Alloh SWT. dalam menjalani hidup ini.

Ibadah qurban merupakan moment untuk pembekasan di dalam jiwa kita agar rela berkorban dalam rangka takwa kepada Alloh SWT. Walaupun dilaksanakan sekali seumur hidup, namun esensinya harus tetap membekas sepanjang hayat.

Mang uDien belum pernah berkurban walau niatnya sudah sejak lamaūüė¶ , maklum selalu berbenturan dengan kebutuhan sehari-hari. Namun demikian tiap tahun selalu kebagian daging kurban:mrgreen: , Alhamdulillaaah, yah. Hmmm … enaknya daging kurban ini disate sambil nongton motogp … maknyuuuuussss bro ….:mrgreen:

Selamat Hari Raya Iedul Adha 1432 H, semoga Saudara-saudara yang melaksanakan ibadah qurban di tahun ini diterima oleh Alloh SWT, dan semoga mang uDien tahun depan bisa melaksanakannya … Amiiin ….

9 responses to “Bakar Sate Daging Qurban Sambil Nonton Motogp … Maknyus

  1. manteb benerr….
    Sayang saya vegetarian..
    Selamat menikmati aja deh..

  2. amin..

  3. alhamdulilah… siswanto banget yah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s