Wuiiiih … Hampir 50% Produksi Suzuki Terpangkas Akibat Banjir Thailand, Panteeees Launching Nex Diundur …

Beginilah nasib kalau komponen-komponen masih dipasok dari luar negeri. Hampir semua pabrikan mengalami gangguan, karena sedikit sajah komponen yang macet otomatis produksi terganggu. Yamaha dan Honda mungkin tidak separah Suzuki yang mana Honda dan Yamaha sudah melokalkan 80% bahkan 90%. Bagaimana dengan Suzuki? Hanya 60% sajah sisanya masih dipasok dari Thailand.

Akibatnya …. Suzuki yang biasanya memproduksi 40.000 – 50.000 unit per bulan, kini tinggal 20.000-25.000-an unit. Hampir 50% produksi yang terpangkas, semua model. Tentunya ini merupakan pukulan yang cukup berat buat Suzuki. Walau demikian penjualan bisa tetap dipertahankan karena masih punya stok unit yang cukup, namun jika stok itu habis gimana neeeh?

Rupanya kondisi yang berat ini menjadi alasan tersendiri, kenapa launching Nex dimundurkan. Ya, jelas laah kalau dipaksakan launching maka distribusi unit ke dealer tidak merata sehingga dikhawatirkan terjadi indent yang lama, kan ini menjadi presedent yang kurang baik, iya tho?

Sumber berita : otomotif.Kompas.com ________________________

Nah, gimana bro, beginilah akibat jika kita serba tergantung kepada luar negeri (Thailand). Bencana memang suatu musibah dan di luar dugaan manusia, tapi lesson learned dari kejadian ini adalah sudah saatnya semua pabrikan melokalkan produksinya hingga pada part-part-nya/ komponen-komponennya. Sebelumnya juga dikabarkan bahwa pengiriman Kawasaki Ninja 250 dan CBR bakal terhambat sehingga mengganggu stok, nah lho.

Okelah kalau begitu, semoga banjir Thailand tidak berlarut-larut dan keadaan kembali pulih, go Suzukiiiiiiiii ….

9 responses to “Wuiiiih … Hampir 50% Produksi Suzuki Terpangkas Akibat Banjir Thailand, Panteeees Launching Nex Diundur …

  1. waduh, sayang sekali

  2. turut berduka tuk suzuki
    *mantan fbs*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s