Regulasi Teknis Mesin Moto3 dengan ini Diresmikan oleh FIM … Tok tok tok (Ketuk Palu)

Sepanjang dua pekan lalu tepatnya selama MotoGP seri Motegi, Jepang (2/10), komisi Grand Prix akhirnya sepakat merilis regulasi lengkap kelas Moto3 yang akan memulai debutnya tahun depan. Komisi GP yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna), Ignacio Verneda (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA) menetapkan beberapa poin penting untuk hal tersebut.

Demi menarik banyak peserta, baik tim pabrikan maupun tim privateer biaya pembelian mesin pun dipatok tak lebih dari 12 ribu Euro. Nah, seperti apa regulasi teknisnya? Nih dia:

Spesifikasi mesin :

  1. Mesin yang dipakai wajib bertipe 4-tak silinder tunggal, berkapasitas maksimal 250 cc.
  2. Ukuran bore maksimal 81mm dan piston oval dilarang.
  3. Mesin  harus normally aspirated (tak ada tambahan turbocharged atau supercharged).
  4. Putaran mesin dibatasi 14.000 rpm saja.
  5. Sistem katup pneumatic atau hydraulic,
  6. Dilarang menggunakan sistem canggih seperti variable valve timing atau variable valve lift systems.
  7. Valve timing hanya boleh diisi satu rantai.
  8. Harga mesin Moto3 tak boleh melebihi 12 ribu Euro.
  9. Harga diatas sudah termasuk intake system (throttle body, injector) dan transmisi komplit.
  10. Tak boleh ada komponen optional diluar biaya tersebut.
  11. Pabrikan juga harus menyertakan harga mesin pada tim dan tidak boleh ada biaya tambahan diluar price list.
  12. Bagi pabrikan yang baru di ajang Moto3, mereka diwajibkan memasok mesin dan komponen motor pada minimal 8 pembalap di tahun pertama. Sedangkan tahun berikutnya, pabrikan itu harus memasok 15 pembalap. Pasokan tersebut dapat berupa mesin, atau motor utuh.

Spesifikasi sistem pengolahan bahan bakar :

  1. Tiap motor hanya boleh memiliki 2 fuel injector dan 2 independent fuel injector yang diletakan di bagian atas katup mesin.
  2. Tekanan injector juga tak boleh lebih dari 5,0 bar.
  3. Selongsong gas hanya diperbolehkan dilengkapi dengan satu kabel.
  4. Di bagian knalpot, sistem pembuangan dengan sistem panjang variable diharamkan.
  5. Tak boleh ada komponen bergerak, seperti katup di knalpot. Tingkat kebisingan juga tak boleh melewati angka 115 dB/A pada 5.500 rpm.

Spesifikasi sistem transmisi :

  1. Moto3 hanya mengizinkan pemakaian girboks 6-speed konvensional.
  2. Girboks model seamless shift dan AMT tetap dilarang.
  3. Setiap gigi hanya diperbolehkan memiliki dua pilihan rasio sepanjang musim.
  4. Tim harus mengajukan rasio mana yang akan dipilih sebelum berlomba.
  5. Kopling bersistem electro-mechanical atau electro-hydraulic clutch actuating juga tidak diperbolehkan.

Sumber sepenuhnya dicopas dari otomotifnet.com ____________

Karena gak ada ulasan dan komentar apapun, mang uDien copas habis dari sumbernya (kecuali judulnya dirobah dikit) :mrgreen: silakan komentari dan diskusiken, mang uDien jadi pendengar sajah ….. :mrgreen: :mrgreen:

Semoga berguna ________________________________________

5 responses to “Regulasi Teknis Mesin Moto3 dengan ini Diresmikan oleh FIM … Tok tok tok (Ketuk Palu)

  1. =))º°˚˚°º≈º=Dнåнåнå=))º°˚˚°º≈º=D
    ‎​=))º°˚˚°º≈º=Dнåнåнå=))º°˚˚°º≈º=D
    ‎​=))º°˚˚°º≈º=Dнåнåнå=))º°˚˚°º≈º=D

  2. Ngemeng2 BBM pertamax nggak…???

  3. Mumpung sepi sikat habis podium…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s