Motogp : Sirkuit Misano … Kenangan Pahit Shoya Tomizawa

Kawan-kawan, sirkuit Misano adalah salah satu sirkuit track tercepat, di sirkuit ini juga Shoya Tomizawa meregang nyawa, semoga di gelaran motogp tanggal 4 September mendatang kejadian serupa tidak terulang lagi. Untuk mengenal sirkuit ini, mang uDien copas habis sajah dari otomotif.net semoga bermanfaat. _________________________

Sirkuit Misanosebelumnya di tahun 2006 bernama Sirkuit Santamonica atau Circuito Internazionale Santamonica. Ini karena lokasinya yang berada di antara Kota Misano Adriatico dan Desa Santamonica. Awalnya sirkuit ini didesain tahun 1969 dengan panjang 3.488 meter dan pertama kali dipakai event balap tahun 1972. Namun pada tahun 1993, sirkuit ini diperluas hingga panjangnya bertambah menjadi 4.064  meter.
_______
Sirkuit inibanyak mengalami pembangunan antara tahun 1996 hingga 2001. Terutama untuk menambah fasilitas balap seperti pit dan stand untuk menampung menonton. Lalu pada 2005, sebuah akses baru dibangun dengan nama Daijiro Kato street, untuk mengenang sang pembalap Jepang yang pernah tinggal di Misano. Kato meninggal tahun 2003 karena kecelakaan di GP Jepang 2003.
_______
Dalam rangka kembali menjadi tuan rumah MotoGP, sirkuit Misano dimodifikasi lagi. Arah sirkuit dibuat menjadi searah jarum jam dengan panjang lintasan menjadi 4.180 meter. Lintasan pun diperlebar menjadi 14 meter. Selain itu fasilitas pun ditingkatkan dan seluruh aspek keamanan dijalankan.
_______

Total ada 16 tikungan, 10 ke kanan dan 6 ke kiri dengan straight line sepanjang 510 meter. Hingga akhirnya GP San Marino bisa diadakan tahun 2007. Sedangkan pembalap yang podium pertama saat itu adalah Casey Stoner (MotoGP), Jorge Lorenzo (GP250), dan Mattia Pasini (GP125).

Sekalipun sirkuit Misano memiliki karakter yang sangat berliku-liku atau “twisty”, Misano bisa dikatakan salah satu trek tercepat di perhelatan MotoGP. Karena lintasan ini cukup mulus, dengan sedikit perbedaan elevasi. Apalagi tempat ini menjadi pernyelenggara rutin World Superbike. Yang memiliki banyak kemiripan dengan MotoGP. Hampir setiap tikungan Misano dapat dilibas dengan kecepatan medium.

Namun sayangnya pada tahun 2010 sirkuit ini kembali menelan korban jiwa di kelas Moto2 yaitu Shoya Tomizawa. Tomizawa ditabrak dua kali oleh Alex de Angelis dan Scot Redding, sehingga mengalami kerusakan parah pada organ tubuhnya. Pembalap paling banyak menuai kemenangan di sirkuit ini adalah Valentino Rossi pada tahun 2008 dan 2009. Sementara tahun 2007 dimenangi oleh Casey Stoner dan tahun 2010 dikuasai oleh Dani Pedrosa.

 Data sirkuit Misano, Italia
 Nama sirkuit  Misano World Circuit
 Dibuka  1972
Mulai digunakan  1985
Tanggal balapan  04 September 2011
Panjang sirkuit  4.180 meter
Jumlah tikungan  16
Rekor lap tercepat  1:33:378 detik – Casey Stoner, tahun 2008
Pemenang tahun 2010  Dani Pedrosa – Repsol Honda (MotoGP)
Iklan

10 responses to “Motogp : Sirkuit Misano … Kenangan Pahit Shoya Tomizawa

  1. Wohhh…..
    Brojol artikel teruz….ojol artikel teruz….

  2. ayo humor lagi kang
    pusing mikir motor?rileks dulu kang,,,sekedar humor di hari lebaran
    http://motomotif.wordpress.com/2011/08/31/motor-grand-paling-mahal/

  3. karunya euy ka mendiang tomizawa, masih inget kagelengna 😦

    ieu mah pastina honda nu jawara, insya Allah 😀

  4. jossssssssssssssssssssssss

  5. calon bintang jepang yang mati muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s