Nasehat Buat Bikerz yang Mau Mudik khususnya para Bebekerz

Mang uDien merasa apa yang disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Royke Lumowa ini perlu mendapat perhatian bagi para Bikerz yang hendak mudik menggunakan sepeda motor, khususnya para Bebekerz. Biar informasinya komplit plit, mang uDien copas habis sajah, semoga bermanfaat. Sumber pic mudik : http://iwandahnial.wordpress.com/2010/09/08/korban-mudik-tiap-tahun-jauh-lebih-besar-ketimbang-korban-bom-bali/

______________________________________________________

Polda Metro Jaya meminta pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk berhati-hati di jalanan. Motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc sebenarnya tidak didesain untuk perjalanan jarak jauh. “Apalagi jenis bebek, sangat tidak direkomendasikan untuk jarak jauh. Dia hanya di kota saja bagusnya,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Royke Lumowa kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (12/8/2011).

Royke sendiri tidak menyarankan mudik menggunakan motor. Ia lebih menyarankan agar masyarakat menggunakan bus saat mudik. “Kita imbau gunakan kendaraan mudik yang representatif terhadap keselamatan seperti bus. Kalau motor, apalagi (motor) bebek rentan kecelakaan apalagi jarak jauh,” tandasnya.

Selain itu, pemudik disarankan agar tidak memuat barang-barang yang melebihi kapasitas motor. Karena, menurut Royke, kelebihan muatan akan mempengaruhi manuver motor itu sendiri. “Sehingga nanti akan sulit ketika harus menghindar atau belok ke kiri dan ke kanan karena bawaannya yang banyak,” kata dia.

Yang paling penting, pemudik diimbau untuk tidak membawa anak kecil. Selain polusi dan cuaca terik yang tidak bagus bagi kesehatan si kecil, keselamatan pun harus diperhatikan. “Kalaupun mau membawa tumpangan, setidaknya orang dewasa di mana kakinya sudah bisa menapak pada sadel motor. Kalau anak kecil kan kakinya menggantung,” jelas dia.

Meski begitu, masyarakat yang tetap mudik menggunakan motor disarankan untuk sering beristirahat saat mudik menggunakan motor. “Sering-seringlah beristirahat agar tidak ngantuk atau kelelahan,” ujarnya.

Pemudik, lanjut Royke, bisa memanfaatkan area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sebagai tempat istirahat. “Sambil mengisi bensin kalau bensinya sudah berkurang,” ujarnya. Atau, bisa juga beristirahat di Posko-Posko Pengamanan atau Check Point yang telah disediakan kepolisian. Di check point, masyarakat bisa juga memeriksa kesehatan.

“Atau di masjid dan kantor polisi,” ujar dia.

Sumber berita : detikoto _____________________________________

6 responses to “Nasehat Buat Bikerz yang Mau Mudik khususnya para Bebekerz

  1. podium dulu ahhh di warung mank udin…

    Yg matickersss ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s