Kunyah-kunyah Ban Mobil & Motor (1) : Struktur Ban Bias & Radial

Kawan-kawan, lagi-lagi mang uDien merasa perlu untuk merepost artikel, yang mana kali ini mang uDien akan merepost tentang MENGENAL SELUK-BELUK BAN MOBIL & MOTOR. Berhubung artikelnya cukup panjang, maka mang uDien potong-potong ke dalam beberapa bagian, maksudnya supaya lebih mudah dikunyah-kunyah, kacang panjang juga kan dipotong-potong biar mudah dikunyah dan dicerna:mrgreen:. Mungkin di antara kawan-kawan ada yang sudah tahu, mungkin juga ada yang belum tahu (termasuk mang uDien).  OK, biar gak banyak cingcong lagi, mari kita kunyah-kunyah bersama-sama ingfoh berikut yang mang uDien copas habis dari detikoto.:mrgreen: _____________________________________________________

SAFT7 – detikOto____Jakarta – Ban adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan bermotor karena ban satu-satunya bagian dari kendaraan bermotor yang mempunyai kontak langsung dengan jalan.

Walaupun merupakan faktor terpenting pada sebuah kendaraan bermotor, namun banyak pemilik kendaraan yang sering mengabaikannya, baik yang karena alasan ekonomi maupun keterbatasan ilmu mengenai ban yang dimiliki pengendara.

Karena alasan tersebut di atas saya menulis sedikit untuk sharing kepada pengendara lain agar dalam mengemudikan kendaraannya tahu batasan yang dimiliki oleh ban yang digunakannya.

Sedikit Flashback, mungkin sudah banyak orang tahu bahwa ban (dengan bahan karet) yang sampai sekarang digunakan ditemukan oleh Dunlop (John Boyd Dunlop) pada tahun 1888. Perkembangan ban sampai saat ini menyempurnakan hasil penemuan Dunlop tersebut.
Struktur Ban

  • Struktur Ban Bias dan Ban Radial

Dari hasil pengembangan hingga saat ini struktur yang biasa digunakan oleh produsen ban adalah sbb:

1. Tread/Telapak Ban:
Tread/Telapak Ban adalah bagian dari ban yang kontak langsung dengan permukaaan jalan. Bahan yang digunakan tergantung dari utilitas kendaraan sehingga berpengaruh terhadap ketahanan ban, daya cengkeram dan juga dalam melakukan maneuver.
2. Steel Belts:
Menjaga kekokohan struktur ban dan juga menjaga keamanan dari benda-benda yang dapat menusuk permukaan ban.
3. Spiral Layer:
Lapisan ini berfungsi agar ban lebih tahan dan lebih mudah melakukan maneuver.
4. Shoulder:
Shoulder bagian yang paling tebal pada sebuah ban yang berfungsi melindungi ban dari guncangan maupun benda-benda berbahaya dari luar.
5. Sidewall:
Sidewall adalah bagian yang paling lentur pada sebuah ban. Faktor kenyamanan berkendara pada sebuah ban di dapat dari bagian ini.
6. Plycord:
Plycord adalah bagian utama sebuah ban yang melapisi bagian dalam pada sidewall dan juga bagian dalam telatak ban dari tekanan udara dari dalam ban, beban kendaraan dan juga goncangan dari luar.
7. Bead Filler:
Bead Filler lapisan pengisi yang membuat ban lebih tahan dan memudahkan kendaraan dalam melakukan maneuver.
8. Bead Wires:
Lapisan kawat yang berfungsi menahan ban tetap pada tempatnya pada velg/rim.
9. Chafer
Bagian yang melindungi plycord dibagian bead dari panas yang terjadi karena gesekan bagian bead dengan velg/rim.

Dari keseluruhan struktur ban diatas yang paling banyak mempengaruhi ketahan, maneuverability dan juga factor keiritan bahan bakar adalah PLYCORD. Dari ban yang beredar sekarang struktur plycord dapat dibagi sebagai berikut:

1. Radial
Struktur lapisan Plycord pada Ban Radial dari Bead dalam ke Bead luar saling tegak lurus.
Disamping lapisan plycord masih ada lapisan steel belts.
2. Bias
Lapisan untuk jenis ini plycord diletakkan secara diagonal secara bersilangan, tidak ada lapisan tambahan pada konstruksi Bias ini.

Diantara ban Radial dan ban Bias manakah yang lebih menguntungkan pengendara?

Secara umum ban radial lebih menguntungkan pengendara karena:
1. Lebih Safety, karena ban lebih menapak pada permukaan jalan (bisa dilihat pada grafik, video bisa dilihat di link berikut: http://www.bridgestone.co.in/tyre/tyreknowledge/tyrevideo.htm).
Karena lebih menapak pada permukaan jalan maka jarak pengereman pun menjadi lebih pendek dan lebih cepat melakukan maneuver.


.

2. Penggunaan bahan bakar yang lebih irit


(tabel dari http://www.bridgestone.co.in)
.

3. Lebih kokoh karena adanya lapisan steel belts

____________________________________________________________

DARI URAIAN DI ATAS, MUNGKIN BANYAK ISTILAH YANG SUSAH DIMENGERTI OLEH KAWAN-KAWAN YANG TIDAK MEMPUNYAI LATAR BELAKANG KONSTRUKSI ATAUPUN PERMESINAN, JANGAN CEMAS – KARENA MANG UDIEN JUGA SAMA DENGAN ANDA:mrgreen: , MINIMAL DENGAN MEMBACA TRIT INI KITA MEMPUNYAI SEDIKIT GAMBARAN TENTANG BAN, SO, KEPADA YANG LEBIH TAHU SILAKAN DISHARE PENGETAHUANNYA ….. THANKS ………………….

13 responses to “Kunyah-kunyah Ban Mobil & Motor (1) : Struktur Ban Bias & Radial

  1. wow… aq terkejut

  2. Ping-balik: Kunyah-kunyah Ban Mobil & Motor (2) : Tube & Tubeless | uDien d'kab

  3. kalo untuk mobil kecil penggunaan ban radial memang menguntungkan kang,karena bidang tapak ban dengan permukaan jalan lebih luas.jadi memberikan kestabilan lebih.tapi untuk motor kurang menguntungkan karena kelincahan manuver jadi berkurang akibat gaya gesek yang berlebihan.kalo untuk kandaraan besar seperti truk kayanya ngga ada dech yang pake ban radial ……!!!!!!

  4. wah infonya lengkap euy. bisa dijadiin referensi nih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s