Kabayan Biker (5) : Situmorang

Terinspirasi dari ceramahnya kang Ibing, kali ini mang uDien rekayasa menjadi cerita fiktif semoga ada hikmahnya. _____________________________

Kabayan Biker termasuk orang yang bisa bergaul dengan siapapun, termasuk dengan si Cengos yang terkenal 4L4Y dan demen nenggak miras. Si Cengos tidak dijauhi oleh si Kabayan tetapi dibatasi, artinya selama tidak mengajak berbuat yang bukan-bukan tetep bergaul sewajarnya. Sebenarnya si Kabayan pengen menasehati si Cengos, tapi khawatir kesannya menggurui. Karena sikapnya yang demikian, si Cengos jadi segan terhadap si Kabayan tetapi tetap akrab.  Pada suatu hari si Cengos curhat kepada Kabayan Biker.

“Kang Kabayan, kenapa sih ente nggak menjauhi sayah”, kata si Cengos. “Lho emangnya kenapa?” jawab Kabayan. “Ente kan tau sayah suka maboook?” kata Cengos. “Walau ente suka mabok, tapi ente tetap temen sayah,” kata Kabayan. “Sebenarnya sayah pengen berhenti mabok nih, tapi gimana yah caranya?” tanya si Cengos. “Wah gak tau tuch, soalnya sayah gak pernah mabok, hehe?” kata Kabayan. “Gini ajah, kalau ente susah ninggalin kebiasaanmu, kalau mabok jangan di tempat yang ada orangnya,” kata Kabayan. “Maksudnya?”, tanya si Cengos. “Misalnya jangan mabok di tempat umum, karena selain mengganggu orang laen ntar ente digebukin ampe benjut-benjut dan benjol-benjol segede jengkol”,:mrgreen: kata Kabayan. “Iya, ya, seperti waktu lalu sayah pernah digebukin oleh orang sekampung” kata si Cengos sambil nyengir kuda. “Selain itu, gimana jadinya kalau ente lagi mabuk membunuh atau memperkosa orang, wahhhh selain dosa-nya berlipat-lipat juga bisa dipenjara seumur hidup tuch,” kata Kabayan melanjutkan pembicaraannya.

“Gimana Kabayan kalau sayah mabuk di kamar sendirian lalu mengunci pintu, di situ kan gak ada orang,” kata si Cengos. “Nah itu lebih safety, artinya tidak mengganggu orang lain,” kata Kabayan. “OK, kalau gak kuat nahan mabok sayah akan ke kamar sajah dan mengunci pintu sendirian di dalem”, kata si Cengos. “Tapi tunggu dulu Ngos, sayah mau nanya nih, apakah SITUMORANG”, kata Kabayan sambil nyengir kuda. “Apa artinya?” tanya Cengos. “Apakah SITU MOnyet atau oRANG, xixixi ?” kata Kabayan. Si Cengos garuk-garuk kepala, rupanya dia telmi (telat mikir).:mrgreen:

“Udah yah, sayah mau kerja nih” kata Kabayan sambil menstarter bebeknya lalu pergi meninggalkan Cengos. Cengos mengganggukkan kepalanya dan masih garuk-garuk kepala sambil memandang kepergian Kabayan sampai hilang ditelan kodok eh bumi.

Seminggu berselang dan sudah tiga hari memasuki bulan Ramadhan, pada suatu hari menjelang maghrib seperti biasa Kabayan pergi ke mesjid karena ada tajil gratis:mrgreen:, buka bersama di masjid memang menyenangkan karena selain banyak kawan juga bisa langsung sholat maghrib berjamaah. Sesampai di masjid, tiba-tiba Kabayan tertegun karena dilihatnya si Cengos lagi duduk di teras mesjid. “Assalaamu ‘alaikum,” kata Kabayan. “Wa’alaikum salam”, jawab Cengos. “Tumben, emangnya situh puasa?” tanya Kabayan. “Puasa donk, kan sayah bukan monyeeeet?” jawab si Cengos. Giliran Kabayan yang telmi (telat mikir).:mrgreen:

Tiba-tiba Kabayan inget percakapannya dengan Cengos seminggu yang lalu. “Hmmm … rupanya selama seminggu Cengos merenungkan perkataanku, mungkin dia nyadar bahwa walaupun mabok sendirian di dalam kamar tapi di situ tetap ada orang yaitu dirinya sendiri, kalau dia tetep mabok lalu dianggap apa dirinya? Apakah mau disebut Monyet? xixixixi,” kata Kabayan di dalam hatinya. Lalu Kabayan tersenyum dan hampir saja tertawa, tapi tidak jadi karena adzan maghrib berkumandang. “Ayo kang Kabayan kita buka” kata si Cengos. “Alhamdulillah, rupanya si Cengos ingsap nih, mudah-mudahan dia gak mabok lagi” kata si Kabayan di dalam hatinya, lalu berdo’a buka puasa dan nyeruput air kolak … “Maknyusss …. “:mrgreen:

_______________________________________________________

13 responses to “Kabayan Biker (5) : Situmorang

  1. lagi lagi keduaxxx hikshiks

  2. klo kang uDien apaan?:mrgreen:😆

  3. kamari carita assololey icik icik ahem, ayeuna situmorang… enjing carita naon deui nya..?? panasaran eung.

  4. Ping-balik: CS-1 : Suntik Mati atau Suntik Vitamin ? … Part-2 | uDien d'kab

  5. xixixiixxi, lumayan seger

  6. masih lama bedug maghrib..tapi kolak bikin hausss uups😆

  7. Ping-balik: Kabayan Biker (6) : Kamplengi Sisan… Plak Plak Plak …. | uDien d'kab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s