Inspirasi Lorenzo dan Stoner buat Yamaha

Fiuuuhhh … mang uDien sampei geleng-geleng kepala memperhatikan sepak terjang AHM (Honda) dalam melancarkan “serangannya” terhadap kompetitor. Strategi sandwich dan strategi kuncian cukup ampuh dan smart dalam upaya melumpuhkan yamaha. Dan terbukiti, bebek honda kembali menguat dan semakin sulit dikejar oleh yamaha. Apalagi dengan diluncurkannya new blade yang disinyalir mampu head to head dengan new jupiter z, tentunya akan makin merepotkan bebek yamaha. Kemudian tahta skutik pun harus rela dilepaskan mulai dari beregu sampai perorangan.

Namun demikian masih ada kekuatan yamaha yang masih sulit ditumbangkan yaitu V-ixion. Tapiiiii ….. V-ixion pun mulai digoyang-goyang oleh NMP:mrgreen:.

Dari uraian di atas mang uDien bisa mengambil kesimpulan bahwa walaupun yamaha kini semakin melorot ms-nya bukan berarti yamaha sudah lumpuh. Yamaha masih menyimpan potensi yang masih bisa dikembangkan. Kuncinya apa? Ada dua :

(1)   Yamaha bisa belajar dari Lorenzo, yang mana Lorenzo mempunyai mental yang tahan banting, tidak mudah menyerah dan pandai/cerdik memanfaatkan situasi, tapi sayang kemampuan M1 belum sepadan dengan RC212V. Maka titik lemah inilah yang harus diperkuat.

Pelajaran yang bisa diambil dari Lorenzo adalah : perkuat produk yang sudah ada dan terkenal tangguh yaitu Mio dan V-ixion misalnya. Umpamanya dengan menambahkan fitur-fitur dan minor change pada designnya. (IMHO)

(2)   Yamaha bisa belajar dari Stoner ketika balapan di Laguna Seca. Waktu itu Stoner tidak terpengaruh dengan rival-rivalnya, dia focus terhadap kemampuannya dan belajar dari kesalahannya yaitu menghindari ban gundul.:mrgreen:

Pelajaran yang bisa diambil dari Stoner adalah : Jangan terburu-buru dalam merilis suatu produk, jangan mudah terpancing (contoh keterpancingan yamaha adalah dengan ikut-ikutan merilis Lexam untuk mengcounter revoAt). Tapi pelajari dulu kelemahan lawan, lalu action. Dalam hal ini penambahan kapasitas produksi Byson merupakan langkah yang bijak. Lalu disinyalir perilisan fino merupakan langkah yang cukup smart. (IMHO)

Nah, itulah pendapat awam-uDien:mrgreen:, kalau ada yang tidak sependapat jangan marah yah – ntar cepet tuwek (kidding bro):mrgreen:. Nah apakah akang-akang punya pendapat lain, apakah perlu belajar pula kepada pembalap lainnya? Yang jelas mang uDien tidak menyarankan belajar dari jagoan mang uDien … ya itu dech si jago nDlosor aka Simoncelli :mrgreen: …. Silakan share pendapat akang-akang semoga bermanfaat…

Sumber pic Lorenzo dan Stoner dari detiksport.

______________________________________________________

29 responses to “Inspirasi Lorenzo dan Stoner buat Yamaha

  1. The Yellow Flash

    =)) °˚°ωăkåkăkåkă°˚° =)).

  2. Klo menurut saya yamaha g usah banyak belajar, tapi banyak berexperimen, jangan hanya ikut2an…misalnya brojolin produk yang sudah ATPM kompetitor brojolin dan dengan sekuat tenaga menahan laju produk tersebut dan alhasil 50% bisa mengungguli nya …mestinya berkaca terhadap satria Fu yang nota bene g ada saingannya yang dibrojolin suzuki dan ampe sekarang gada yang nyaingin….so, PR buat yamaha emang seperti itu, cukup logis lah klo yamaha kyk gitu coz budget nya aja kurang bwt ngeluarin produk baru yg bener2 fresh….lha yang inden si kebo aja masih pada ngantri…😆

  3. tuwek imitasi

    assololey icikicik AHM….

  4. ane g yakin Bro ,,scara scara YMKI ibarat,
    hidup segan ,mati pun tak mau…
    udah teladdddddd…..

  5. melangkah perlahan,jangan tergesa-gesa itu mungkin kuncinya !!!!!

  6. ya jangan nyaranin ngikut jagoan mang Udien, simonceli, karena kemungkinan besar dia bakal di depak dari HRC. karena tahn depan tim pabrikan HRC cm Stoner n Pedrosa.

  7. analisa dalemmmmmmmmmmm

  8. pas ymh lonching vixi faecelift atanapi nambih kapasitas kanggo bison, ahm tos nyiapkeun prodak anyarna ,, simkuring yakin ieu mtr tiasa ngendagkeun langkung tebih ngagulingkeun dominasi mid-class mtr nu ayeuna aya ,, vixi Fu CBR sakalipun ,, cocok lah kanggo kang udien mah ,,

  9. langkung sae !!! percanten ..

  10. Absen aja mang…

  11. sebelum masuk puasa….
    ayuk kang… inget dosa2 kita sama ibu…
    nitip kang….
    artikel ttg ibu.
    http://4201megaprolama.wordpress.com/2011/07/29/brooo-ingatkah-kita-dengan-ibu-kita/

  12. Pak Bambang Nunggang Byson

    apik apik apik

  13. salam kenal mang udien…
    maap melenceng dari topik…
    saya kalo nyari kambing kepalanya coklat di daerah garut kok nggak ada kenapa ya?
    mang udien tahu?

  14. ya nggak ada kang, kambing kepalanya coklat… bisa dijilatin orang sekampung… wkkkkkk🙂

  15. Yamaha teh terlalu optimis jeung ngangap remeh lawan anu akhirna eleh ti heula coba mun ti baheula fino sareng nouvo elegan di kaluarkeun pasti mantap

  16. haduuh mang Udin baik amat kasih saran ke YMki.. terlalu baik nih, hehehehe…

  17. info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂 , Aerilyn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s