Gigi Copot Gara-Gara Rante Motor Putus

Kawan-kawan, semingu yang lalu bapak kang Udien mendapat kabar dari istri adikku yang tinggal di Ciamis bahwa adikku mendapatkan kecelakan. Pagi itu adikku hendak berangkat kerja menggunakan sepeda motor bebek, baru 5 menit perjalanan tiba-tiba rante putus sehingga menyebabkan adikku jatuh. Sayah tidak tahu percis kejadiannya, yang jelas kecelakaan itu disebabkan oleh putusnya rante. Akibat dari kecelakaan itu satu gigi seri atas terpaksa harus dicabut dan tentunya harus mendapatkan operasi dan perawatan khusus. Tapi alhamdulillah pada hari itu juga adikku sudah bisa pulang ke rumah.

____________________________________________________

Sebenarnya kejadian putusnya rante pernah dialami pula oleh adik iparku dan saudara sepupuku. Tapi kata mereka kalau rante putus biasanya motor langsung melambat dan kita bisa menghentikannya secara terkendali. Lalu kenapa adikku sampai bisa mengalami kecelakaan separah itu? Apakah karena kecepatannya tinggi, atau karena panik? atau ada faktor lain? Mang uDien tidak tahu karena sampai saat ini belum bisa menjenguk adikku, lagian mang uDien belum pernah mengalami rante putus. (semoga tidak pernah selamanya)

Dari kejadian tersebut kang uDien jadi berpikir, apa penyebabnya kok rante bisa putus? Apakah karena usia? Atau karena jarang diservice rutin? Atau karena kurang perawatan misalnya gak dikasih pelumas? Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa rante ini masih layak atau sudah saatnya diganti? Lalu apa gejala-gejalanya bahwa ada sesuatu masalah di rante ketika kita sedang riding ?

Silakan kepada akang-akang share komentarnya, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kang uDien. Sebelumnya sayah ucapkan terima kasih.

Sumber gambar : rante,

_________________________________________________________

UP DATE : Tolong dijawabin nih, ada saudara kita yang bertanya, mang uDien gak tau jawabannya !

eskrim | 26 Juli 2011 pukul 16:37 | Balas | Suntin

Kalo rantai dipotong (dikurangin matanya karena udah hbs setelannya) aman ngga ya kang?

_________________________________________________________

15 responses to “Gigi Copot Gara-Gara Rante Motor Putus

  1. lae togar anak medan

    absen bah

  2. lae togar anak medan

    faktor utamanya menurut zaya uzia / pemakaian. yg punya motor pazti tau/felling gitarnya / gigi tarik/gearnya udh ompong. xixixi…

  3. Kalo rantai dipotong (dikurangin matanya karena udah hbs setelannya) aman ngga ya kang?

  4. tuwek imitasi

    kalo ane si ganti rante klo ada suara “icikicik” nya….
    tinggal nambahin assololey aja xixixixixi…

  5. tuwek imitasi

    pake rante merk ass***ley aj biar awet xixixi

  6. Kalo saya sih biasanya ngeliat kondisi gear, kalo udah pada lancip, ya diganti. Kalo dari kondisi rantainya sih saya ngga tau. Tapi buat amannya, mendingan berdasarkan kilometer aja (jangan nunggu sampe aus atau ada gejala rusak). Silakan mampir ke :
    http://roda2blog.wordpress.com/2011/07/24/busi-kok-pada-basa-basi-sih/
    Disitu ada gambar bagan penggantian spare part yg ada di salah satu dealer/beres Yamaha. Kalo berdasarkan gambar sih, gear ama rantai sebaiknya diganti tiap 15ribu km. Semoga membantuūüėČ

    NB : buat mas Amama Ali, sori linknya saya catut tanpa ijin:mrgreen:

  7. Ping-balik: Tips & Trik : Mencegah Rante Putus di Tengah Jalan | uDien d'kab

  8. ikut share sedikit
    lumasi rantai dgn menggunakan chainlube minimal seminggu sekali
    cek ketegangan rantai 3 hari sekali, setel rantai seminggu sekali
    klo misalnya dalam 3 hari udah dorceng, mgkn lebih baik diganti
    n penggantiannya sebisa mungkin pake yg ori, atau kw 1 lah minimal,
    saya tiap 17rb km girsetnya diganti, dgn catatan perawatan rutin y..klo males ngerawat bisa jadi usianya lebih pendek n gampang melar…
    gejala udh mau putus, tarikan g enak, suara rantai brisik banget
    CMIIW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s