Monceeer ….. buat 4L4Y

( review komentar dari trit ini )

Sekedar Curhat
Sabtu siang saya melaju dari arah Bandung menuju Kuningan. Lalu-lintas lumayan padat sejak keluar tol Cileunyi sehingga kendaraan harus beriringan dengan kecepatan sedang dan terkadang harus sesekali berhenti. tepat di depan mobil saya ada sebuah bus pariwisata.

Sekitar 2km menjelang terminal Sumedang, iring-iringan kendaraan memasuki sebuah tikungan. Tiba-tiba dari arah berlawanan muncul seorang 4L4Y berseragam SMA memacu sebuah motor baru yang bbrapa bulan lalu dilaunching oleh pembalap MotoGP. mungkin terinspirasi oleh pembalap MotoGP, si 4L4Y memacu motornya di tikungan dengan kecepatan yang menurut saya sangat konyol dan bodoh, yaitu saya perkirakan di atas 80km/jam dengan sudut tikungan sekitar 65 derajat. Karena saking kencangnya, si pembalap 4L4Y tidak bisa mengikuti alur tikungan dan melebar ke jalur kanan. Sementara di kanan ada bus pariwisata yang melaju persis di depan mobil saya. Sesaat saya melihat roda belakang motornya agak slide, tampaknya dia berusaha mengerem tapi terlambat…motor barunya menghantam body samping bus pariwisata dengan kondisi body motor berhamburan dan terpental bersama si pembalap ke tepi jalan. Wallahu’alam bagaimana nasib si pembalap. tapi melihat kencangnya dia memacu motor, saya pesimis dengan nasibnya.

====================================================

Hmmm….. setelah baca komentarnya kang Moncer mang uDien tertegun, kenapa yah hal ini bisa terjadi ??? Perbuatan 4L4Y ini jelas salah dan ugal-ugalan, tapi biar bermakna buat diri sendiri, mang uDien mencoba introspeksi, jangan-jangan mang uDien pun masih harus banyak perbaikan tentang safety riding ini. Lalu mang uDien buka-buka kembali buku panduan safety riding yang dikeluarkan oleh pabrikan waktu dulu beli (ngredit) :mrgreen: motor, sampai saat ini mang uDien masih focus berusaha untuk lebih mengerti, memaknai dan menyikapi buku panduan itu agar bisa memaksimalkan safety riding.

Sembari membolak-balik buku tsb, mang uDien bertanya-tanya, “Apakah si 4L4Y yang kang Moncer ceritakan di atas tidak membaca buku panduan safety riding ini?” ( namanya juga 4L4Y, mana mau baca yang gituan  )

Buat lebih menghayati pentingnya safety riding simak video ini (ilustrasi)

Harus ada upaya untuk edukasi safety riding, mang uDien yang awam berfikir alangkah baiknya di acara motoGP pihak kepolisian menyisipkan tayangan iklan sosial berupa safety riding secara terprogram….

Nah gimana menurut akang-akang? mang uDien yang awam memandang akang-akang mempunyai pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang safety riding, ayo berpartisipasi dengan memberikan komentarnya yang positif sembari menyicipi menu hidangan yang disediakan mang uDien : semur jengkol, nasi merah, goreng gurame garing, sambal kecap, lalapan, es kelapa muda, dll ….

=====================================================

73 responses to “Monceeer ….. buat 4L4Y

  1. pertamax mahalll

    • safety first kang . . . jangan sampai udah ngerasain cilaka baru ngeh sama safety . . . udah teladddd namanya ituuh

      *mosooookkk

      • weeeeh …. juragan gak ketauan nongolnya …. sampai mang uDien terkejut …. xixixi …

        betul, kang haji, ya mudah-mudahan dengan review ini menyadarkan mang uDien khususnya dan yang belum ngeh supaya safety first …

        makasih komentnya my broder ….:mrgreen:

  2. saya suka ngebut kang Udien.
    Lega…plong rasanya bisa melintir gas sampe mentok. Yah meski motornya juga cuma si Supri 125🙂 .
    Tapi disaat bonceng anak istri, malahan si istri kadang uring2an kalau pas mau keluar gang ke jalan besar, kelamaan katanya. Padahal saya sangat memperhitungkan safety saya+anak isitri, dan juga rider lainnya.
    Ya intinya saya suka ngebut kalau memungkinkan aja…

    • ada saatnya ngebut, ada saatnya pelan, itu semua tergantung pengetahuan dan kesadaran kita ttg safety riding …. bahkan di saat-saat tertentu kita perlu menambah kecepatan – justru kalau pelan bisa membahayakan … sekali lagi itu semua tergantung pengetahuan, kesadaran dan situasi di jalanan ….

      **** sama kang, kadang istri gak sabaran, tapi kita sebagai president:mrgreen: eh pemimpin ketika berkendara, jangan terpengaruh, kita mesti focus …

      thanks komentarnya …..

  3. safety riding !!
    dua kata yg sering dilupakan terutama oleh darah muda, jadinya ugal²an
    klo yg tua gara² malu ama umur ato kesadaran ya xixixi:mrgreen:

  4. GAn ane 10 Besar😀 ….maksud nya tu 4l4y pke new cbr 250r…..????

    • wah gak tau tuch, kang moncer yang lebih tau …. tapi gak usah dipersoalkan masalah itu mah entar memancing bakar-bakaran …… wkwkwkwkw:mrgreen:

      intinya motor apapun kalau gak safety first bisa aja terjadi hal yang tidak diinginkan ……….:mrgreen:

  5. kayak life cycle kang… sekarang setelah punya buntut 2, udah gak berani lagi ngebut pake R2 atau R4…

    Kadang istri complain supaya lebih cepat (rada kebut hehe)… tapi saya keukeuh sabar saja… sing penting ikhtiar supaya selamet semua-nya…

    • betulll …. setuju dengan kang husni

      dalam berkendara, kita adalah president (pemimpin)😀
      semua keputusan ada di tangan kita, selama masukan dari boncenger ataupun penumpang itu bermanfaat maka harus diperhatikan, tetapi selama itu malah mendatangkan masalah …. abaikan saja … kita berkendara minimal mempertaruhkan nyawa kita, kalau bawa penumpang tentu ada nyawa lain yang jadi tanggung jawab kita …..

      kalau kita lihat supir angkot ada di antaranya yang ugal-ugalan, saya prihatin terhadap supir alay seperti ini, udah dikasih tahu penumpang pun mereka tetep ugal-ugalan, saya lebih memilih untuk turun sajah dari angkot sialan seperti ini …

  6. Saya top speed mentok di 220km itu pake absolurevo waktu di naikin ke mobil fuso😀

  7. Saya top speed mentok di 220km itu pake absoluterevo waktu di naikin ke mobil fuso 😀

  8. gile tu video serem bgt kang…jadi mikir2 kalau kekebutan nih.

    • yah, kita belajar dari kesalahan orang ….
      kesalahan si biker dalam video tsb adalah menyalip bis dengan melewati garis marka jalan yang solid (tidak putus-putus), padahal itu dilarang keras, ( cmiiw )

      intinya adalah mau kecepatan tinggi ataupun rendah selama itu dalam koridor safety riding insya Allah tidak akan menimbulkan hal2 yang tidak kita inginkan … (imho)

  9. Waktu acara motogp…kasih tulisan dont try this at home…🙂

  10. Waktu acara motogp…kasih tulisan dont try this at home…🙂

  11. ngebut boleh, tapi tetep realistis n share the road lah… jangan lagi rame macet maen selap-selip potong2 jalan sa’enak udele dewe…

  12. ortu yg bijak sering nasehatin kita, “biar lambat asal selamat..” Lah.. Anak alaY malah sebaliknya, “biar mati asal cepat..” Nah..lOH.. malah sebaliknya, “biar mati asal cepat..” Nah..lOH..

  13. tekor mengkol nya dlozorr.. maksud hati pengen speed cornering, apa daya stang & mata tidak sehati..ngiring prihatin we lah😐

  14. masuk komunitas indomotoblog gmn Kang Udien???

  15. Haturnuhun Kang Udin udah diangkat jadi artikel kang.
    Pas kejadian itu saya persis di belakang bus pariwisata tsb, awalnya si bus melambat tapi kemudian berjalan lagi seolah tidak ada kejadian apa2 dan lolos hingga keluar perbatasan Sumedang.
    Awalnya saya berniat melaporkan kejadian tsb ke polisi setelah mengingat2 nomor polisinya, tapi saya pikir2 itu sama artinya saya menjebloskan si sopir bus ke dalam perkara yang diakibatkan oleh kecerobohan si korban sendiri. Bukan rahasia lagi, kalau ada insiden yang melibatkan motor dan mobil, pihak mobil selalu jadi pihak yang dipersalahkan dan harus bertanggung jawab meski insiden tsb akibat kesalahan pengendara motor.
    Hal itu saya alami sendiri sebulan sebelumnya, saya terlibat insiden karena kecerobohan pengendara motor tapi saya sendiri yang harus menanggung akibatnya. Meski Polantas yang kebetulan berjaga di TKP menyatakan saya tidak bersalah tetap saja saya harus menanggung biaya Rumah Sakit hingga jutaan dan juga biaya untuk mengeluarkan kendaraan yang dikandangkan

    • Terima kasih juga kang atas review-nya, sayah hanya menyampaikan suatu peristiwa yang bisa diambil pelajaran dan hikmah darinya. Setelah membaca pengalaman yang menimpa akang, sayah turut prihatin, ternyata akibat dari kelakuan 4L4Y ini sangat-sangat merugikan, sampai-sampai pihak yang tidak bersalah pun harus menanggung akibatnya, jelas ini merupakan dosa dan kedzaliman ….

      OK, kang, review akang selalu sayah tunggu, dan masukan – saran – dan kritiknya sayah nantikan untuk meluruskan tulisan2 sayah berikutnya agar tidak menyesatkan orang …. sekali lagi terima kasih …

  16. Yappp…saya juga masih bawa motor juga kang. Dulu saya juga sering melakukan manuver2 ala 4L4Y yang menurut sy waktu itu terasa sebagai manuver “cantik”, misal motong lintasan mobil secara mendadak, nyalip di celah2 kendaraan dan lain-lain. Tapi setelah saya naik mobil (entah sebagai penumpang angkutan umum atau nyopir sendiri) saya sadar kalau manuver2 yang dulu saya lakukan itu bisa mengagetkan pengendara mobil dan tentu saja itu gak cuma membahayakan si mobil tapi juga saya sendiri.

    • Sama kang sayah juga seperti itu …. serasa jalan milik sendiri …. xixixi

      Mang uDien sih belum pernah nyopir mobil, tapi kadang-kadang ngobrol sama yang udah bisa seperti adikku dan adik iparku, dari obrolan itulah mang uDien mencoba untuk memposisikan diri sebagai sopir, lumayan lah ini bisa menajamkan empati sayah terhadap sopir …

  17. Kalo kita berkendara yang mungkin harus diinget adalah keluarga..🙂

  18. motor yang baru beberapa bulan lalu dilaunching oleh pembalap motoGP
    antara CBR250R dan Yamaha Lexam, maanakah ?:mrgreen:

  19. absen……………………..
    namanya juga alay

  20. Situ Alay….Situ Babakan…. Situ Lembang…. Situ orang pa bukan!!! wkwkwkw

  21. wah… serem vidionya😯 (baru liat)
    jadi ingat lebaran kemarin hampir ja terjadi ama sy, sy mencoba nyalib mobil di depan dgn melewati garis marka jalan soalnya jalannya kecil, dari jauh dah keliatan mobil pikup yg melaju kencang ga da tanda-tanda ngurangi kecepatan maklum jalan antar kota jadi sepi, sy dah ga bisa ngurangi kecepatan juga karna dlm kecepatan tinggi dan sy ga bisa ke kiri soalnya sy dah pas ada di body mobil yg ingin sy selip, langsung sy tambah gas dgn harapan bisa lebih dulu ada di depan mobil yg pengen sy selib tapi sy kaget ternyata pickupnya memuat angkutan kaya lemari jadi spion kanan sy yg kena angkutannya tersebut, tapi untungnya pas bgt sy bisa langsung ke kiri di depan mobil yg sy pengen salib, kejadian tersebut kurang dari 10 detik pokoknya singkat bgt, rasanya ga karuan…

    • ngeri kang … sayah pernah ngalamin seperti itu, dalam keadaan demikian seharusnya klakson dipijit berulang-ulang atau memindah-mindah tombol lampu jauh dan lampu dekat biar ada warning untuk mobil yang belawatan arah …. tapi kadang hal itu lupa karena agak panik …

      intinya kalau garis marka solid (tidak putus-putus) jangan coba-coba nyalip melewati garis marka tersebut dech … cmiiw …

  22. Setuju…

    Ride Safely………Enjoy Life……..

  23. Kang Udien videonya serem banget, setuju Kang setiap event Balapan mestinya juga ada himbauab Safety Riding, atau setidaknya kata-kata Don’t try at home diubah menjadi Don’t try at road,

  24. Ane sih kalo ngebut liat situasi… kl dibolehin, kebuutt… kl ngga boleh ya ga ngebut… itu duluu…:mrgreen:

    skrg udah kapok… jatoh dr motor cukup 17 kali…

  25. videonya asli hancurrrrrrrrrrrrr

  26. ada udang di balik batu… si alay ga nyadar kalo ada bus di balik tikungan maut… xixixi… apa si alay masi hidup ya? hehehe🙂

  27. Ane sehari-hari naik sepeda kang….
    Kalo pulang k bandung baru pake motor….
    Bike to work kang…..
    Melatih kesabaran berkendara…
    Salam cyclist

    • saluuutt …
      sayah juga pengen, lebih menyehatkan ….

      *** coba sekali-kali pulang ke bandung naek sepeda juga …
      dijamin maknyusss …. xixixixi … (kidding)🙂

  28. Tes gravatar nya…xixiixi

  29. lah kok g keluar…

  30. Bener kang udien…. Ane memang ada niat mo pulang k bandung pake sepeda….
    Udah latihan jakarta cileungsi-jonggol…. Bolak-balik…

  31. Makanya kepala warung ane stang sepeda…. Bukan motor…
    2 wheel,one heart…. No matter machine or non machine….
    All brotherhood…..

  32. Motor yang dilaunching sama pembalap MotoGP? Wah, berarti motor mahal atuh kang. Ckckckck…..keterlaluan si alay, motor bagus kaya gitu kok ditabrakin ke bis. Kasian motornya……

  33. Ping-balik: Kabar Gembira : “Service Motor” Mendapatkan Bonus Melimpah – Khusus di Bulan Ramadhan … | uDien d'kab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s