Motogp : Sirkuit Aragon … Nostalgia Stoner dengan Ducati

Sumber pic di sini
Well, pertarungan di sirkuit Aragon ini cukup unik, kenapa bro?
  • Jawara tahun lalu adalah Stoner, berarti dia mempunyai kans untuk kembali menaklukkan sirkuit ini. Namun waktu itu dia nyemplak Ducati, so jadi tantangan tersendiri bagi om Stoner, apakah dia mampu kembali menaklukkan si Aragon ini dengan RC212V-nya?
  • Aragon merupakan kandangnya Lorenzo, sehingga Lorenzo mempuyai energi tersendiri untuk merebut tahta dari Stoner, apalagi kemenangan di Misano semakin menambah kepercayan diri Lorenzo.
  • Sementara itu Pedrosa pun mempunyai gairah lebih, sebab selain ini pun merupakan kandang dia juga tahun lalu kang Pedrosa merupakan pemecah rekor lap tercepat pertama di sirkuit ini walau kemudian rekor ini direbut oleh Stoner.
  • Yang cukup ketar-ketir adalah om Rossi, sebab Ducati adalah penguasa sirkuit ini tahun lalu, tapi ya itu dia, waktu itu penunggangnya adalah Stoner… Naaah, apakah om Rossi mampu meneruskan estapet Stoner untuk menjadikan Ducati sebagai penguasa Aragon?

Ok, mereka akan mempertaruhkan seluruh kemampuannya sampai titik darah yang penghabisan. Ben Spies, Dovizioso dan Simoncelli pun tidak akan tinggal diam. Naaah, saksikanlah pertandingan yang disinyalir bakal seru ini pada tanggal 18 September 2011, siapkan cemilan:mrgreen:, dan supaya lebih mantep silakan baca sekelumit tentang sirkuit Aragon ini yang mang uDien copas abiss dari otoSport.co.id

Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol

OTOSPORT – Ciudad del Motor de Aragón atau yang lebih dikenal sebagai sirkuit Motorland Aragón. Merupakan sebuah lintasan balap yang berada di dekat kota Alcañiz, Spanyol.

Aragón didesain oleh arsitek terkenal dari Jerman, Hermann Tilke. Bekerja sama dengan Foster Partners, sebuah perusahaan arsitektural dari Inggris. Selain itu pembalap F1 Pedro de la Rosa juga dilibatkan sebagai konsultan teknis dan olahraga.

Sirkuit ini memiliki 2 konfigurasi berbeda untuk penyelenggaraan balap mobil dan motor. Perbedaannya terletak di tikungan terakhir sebelum finish. Untuk balap mobil, tikungan terakhir berupa hairpin. Sedangkan untuk balap motor, tikungan terakhirnya berbentuk parabolik.

Untuk motorsport, sirkuit Aragon memiliki panjang lintasan 5.078 meter dengan 16 tikungan. Sedangkan untuk otosport lintasannya lebih panjang dan tikungannya lebih banyak. Yakni panjang 5.344 meter dengan 18 tikungan.

Sirkuit ini mulai dipakai untuk balap MotoGP sejak tahun 2010. Tepatnya pada 18 Maret 2010, Aragon ditunjuk sebagai pengganti GP Hungaria yang dilaksanakan di sirkuit Balaton. Penyebabnya adalah pengerjaan yang belum selesai hingga GP Hongaria harus ditunda.

Ini sekaligus menambah rekor Spanyol sebagai penyelenggara MotoGP terbanyak. Yaitu 4 kali dalam satu musim. Sirkuit ini kembali masuk dalam kalender MotoGP 2011. Tahun lalu, Dani Perdrosa menjadi pemecah rekor lap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 49.521 detik. Sedangkan juara GP Aragon 2010 adalah Casey Stoner.

 Data sirkuit Motorland Aragon, Spanyol
 Nama sirkuit  Ciiudad Del Motor de Aragon
 Dibuka  2010
 Mulai digunakan  2010
 Tanggal balapan  18 September 2011
 Panjang sirkuit  5.078 meter
 Jumlah tikungan  18
 Rekor lap tercepat  1:48:942 detik – Casey Stoner, tahun 2010
 Pemenang tahun 2010  Casey Stoner – Ducati Marlboro (MotoGP)
About these ads

9 responses to “Motogp : Sirkuit Aragon … Nostalgia Stoner dengan Ducati

  1. pak Tuwek mana ya?

  2. siplah, tinggal nunggu kapan Indonesia bisa punya sirkuit seperti arogan ini.
    # mimpi mang udin :D

  3. dgn ducati aja stoner bisa menang apalagi pake wiro sableng RC212V?
    lho wong dulu waktu stoner masih pake ducati kurang kompetitif aja begitu pake honda langsung ngacir kok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s